Buat Sendiri Yuk, Frozen Food Berbahan Ayam, Si Kecil Pasti Suka!

Instan serta gampang diolah membuat frozen food jadi santapan kesukaan banyak orang. Dari anak kecil hingga orang berusia, siapa yang mampu menolak gurih serta lezatnya aneka olahan frozen food?

Sayangnya

frozen food yang dijual di pasaran memakai pengawet supaya tahan lama. Apalagi masa kadaluarsanya terdapat yang menggapai setahun lebih.

Dapat dibayangkan seberapa banyak bahan pengawet yang ditambahkan.

Sementara itu, banyak Mama yang terbantu dengan keberadaan frozen food sebab mempersiapkan santapan buat Sang Kecil jadi terus menjadi kilat serta gampang. Bila anak Mama telah terlanjur doyan frozen food, Mama dapat buatnya sendiri supaya lebih nyaman serta terjamin kesehatannya.

Bermodalkan daging ayam giling, formula sederhana frozen siomay serta nugget di dasar ini dapat Mama coba di rumah. Sesuai nih buat bekal sang Kecil.

1. Siomay Ayam

Dimsum

Di supermarket ada siomay ayam berdimensi kecil yang dijual dalam keadaan beku. Satu kemasan umumnya berisi 10 buah dengan harga yang lumayan mahal.

Nah, Mama dapat lho membuat sendiri frozen siomay yang semacam itu!

Bahan- bahan yang butuh disiapkan:

daging ayam giling, tepung tapioka, kulit pangsit ataupun lumpia, wortel parut( buat hiasan), dan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang bombay, garam, serta lada.

Mama dapat pula meningkatkan udang serta jamur ke dalam adonan, digiling bersama daging ayam supaya lumat.

Metode buatnya:

Mama tumis bumbu halus sampai harum kemudian sisihkan. Tunggu hingga tumisan bumbu dingin baru dicampurkan ke dalam daging giling. Bila dimasukkan dalam keadaan panas, sebagian bagian daging hendak memadat sebab matang. Gabungkan bumbu serta daging, kemudian tuangkan tepung tapioka sedikit- sedkit. Takaran tapioka dapat disesuaikan dengan selera Sang Kecil. Buat siomay bertekstur kenyal, tambahkan tepung tapioka lebih banyak. Uleni hingga tercampur rata, setelah itu isikan ke dalam kulit pangsit membentuk semacam bunga merekah.

Sehabis itu taburkan parutan wortel buat membuat cantik bagian atasnya, kemudian kukus sepanjang 25 menit. Jangan kurang ingat oles bagian permukaan kukusan dengan minyak goreng supaya kulit pangsit tidak melekat. Perkenankan siomay hingga betul- betul dingin sehabis matang, baru simpan di dalam freezer. Supaya tahan lebih lama, Mama kemas saja masing- masing 10 buah dalam suatu plastik. Sehingga dikala hendak menyajikan tidak butuh menghasilkan seluruh siomay. Yummy!

2. Nugget Ayam

chicken-nugget

Anak Mama suka sekali makan nugget ayam?

Banyak berita miring tentang proses penciptaan nugget ayam di pasaran. Terdapat yang bilang bahan bakunya merupakan tulang ayam, daging busuk, hingga dicampuri bahan kimia beresiko.

Daripada Mama takut, ayo buat nugget sendiri!

Bahan yang butuh disiapkan merupakan:

daging ayam giling, roti tawar kupas, telur ayam, tepung panir buat pelapis, dan bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam, lada, serta sedikit pala bubuk.

Sungguh- sungguh tidak butuh tepung dalam adonan?

Ya, Mama dapat membuat nugget ayam lezat dengan kombinasi roti tawar. Penasaran?

Metode buatnya:

dimulai dengan merendam roti tawar sebentar dalam air matang kemudian diperas. Buat separuh kg daging ayam, pakai 6- 8 roti tawar kupas tanpa pinggiran. Gabungkan daging ayam giling, roti tawar, serta bumbu yang telah dihaluskan. Uleni hingga tercampur rata, kemudian tambahkan 2 butir telur ayam serta aduk kembali.

Siapkan loyang yang telah diolesi minyak goreng, setelah itu tuang adonan ke dalamnya. Kukus sepanjang 25 menit serta perkenankan hingga dingin sehabis matang.

Buat mempermudah proses memotong ataupun mencetak, masukkan nugget hasil kukusan ke dalam lemari pendingin kurang lebih separuh jam. Sehabis itu baru dikeluarkan serta dicetak cocok selera.

Siapkan telur kocok serta tepung panir buat pelapis. Celupkan nugget pada telur kemudian gulingkan di atas panir, serta ulangi langkah ini sekali lagi supaya hasilnya lebih apik. Mama dapat langsung menyimpannya di freezer sehabis seluruh nugget berakhir diberi pelapis.

Sama semacam penyimpanan siomay, kemas dalam plastik- plastik kecil supaya lebih awet serta gampang dikala menyajikan.

2 olahan frozen food ini dapat pula Mama campuri sayur- mayur lho! Dapat ditambahkan wortel ataupun brokoli yang dicincang, ataupun rebusan sawi serta bayam yang dipotong tipis- tipis. Selamat berupaya, Ma!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *